Home » , , » Mengatasi Laptop atau Komputer Lambat ( LEMOT, LOADING LAMA )

Mengatasi Laptop atau Komputer Lambat ( LEMOT, LOADING LAMA )

Laptop atau komputer sangat penting untuk seseorang pada masa sekarang. Apalagi jika pengguna perangkat elektronik tersebut mempunyai pekerjaan dalam hal administrasi/membuat laporan. Hal yang sangat menjengkelkan, bila komputer/laptop mengalami loading lama (lemot). Belum lagi ketika koneksi dengan internet, akan menambah lambatnya proses loading. Tentu akan menjadikan kita stres bahkan frustasi.

Sebenarnya, kejadian ini terkadang tindakan kita sendiri yang secara tidak sadar, menyebabkan PC menjadi lambat.

1. Kita sering menginstal aplikasi yang terkadang kita tidak membutuhkannya. Contoh saja
adalah aplikasi pemutar video. Kita harus jeli, sebaiknya kita instal satu saja aplikasi untuk memainkan video. Tentu saja yang mempunyai kualitas dan costum yang mumpuni/baik. Misalnya saja aplikasi pemutar video KMPlayer. Komputer saya, hanya aplikasi tersebut untuk memutar video.

2. Menggunakan Background/Wallpaper yang mempunyai pixel tinggi, juga sangat mempengaruhi jalanya CPU pada komputer. Secara otomatis, picture Dekstop Background yang terlalu bagus dan mempunyai warna yang tinggi pixel, akan memperlambat loading. Sebaiknya kita menggunakan picture/tema yang tersedia. Gunakan Background yang mempunyai 1 warna dan tema sederhana.

3. Sering Download aplikasi dari internet yang tidak jelas. Apakah itu resmi atau tidak, tindakan ini juga merupakan kesalahan fatal. Pernah saya mendownload aplikasi yang bukan dari sumber resmi berbentuk (*.rar), setelah saya extrak di file komputer ternyata berhasil, namun virus yang dibawa oleh aplikasi tersebut, juga berhasil beranak pinang dan menjalar pada sistem komputer. Akibatnya sangat merugikan. Komputer menjadi lemot/lambat dan beberapa file saya terkena virus lalu hilang. Mengatasi hal ini komputer harus diinstal ulang kembali.

4. Jarang membersihkan sampah dan cache pada PC, juga salah satu penyebab perangkat menjadi lambat. Sering membersihkan sampah dan cache, adalah tindakan yang harus kita kerjakan secara rutin.

5. Memasang aplikasi antivirus juga sangatlah penting. Selain menjadi alarm ketika ada virus terdeteksi, saat menggunakan jaringan internet dan menginstal aplikasi, akan aman bagi laptop atau komputer.

Berikut cara uninstall aplikasi di komputer atau laptop.

1. Klik Menu/Start.



2. Pada bagian Seacrh ketik dan klik CONTROL PANEL.


3. Pada bagian PROGAM, silahkan klik pada UNINSTALL A PROGAM.


4. Setelah itu, pilih aplikasi yang tidak digunakan kemudian klik UNINSTALL lalu OKE. Selesai.



0 komentar:

Post a Comment

Please Coment yang baik saja. terimakasih :-)

Tawangharjo.com

Iklan Layang