Home » , , » Perangkat Rentan Terserang Penyakit

Perangkat Rentan Terserang Penyakit

Hardisk pada laptop atau komputer menjadi penuh adalah kejadian yang tidak diinginkan oleh pengguna. Ini bisa terjadi pada perangkat anda juga. Banyak penyebab yang menjadikan kapasitas space hardisk menjadi kian penuh. Virus yang menjangkit sistem, telah mengkloning dirinya dan menyebar dalam setiap file. Banyaknya file yang mungkin sudah tidak digunakan, sebaiknya anda
hapus atau langkah lain adalah dengan mengekstrak menjadi file *.rar dan sebagainya.

Contoh saja file gambar/foto dan video bisa kita ekstrak menjadi *.rar. Langkah ini sangat memungkinkan untuk mengurangi space hardisk. Aplikasi yang terinstal juga berpengaruh pada memory laptop atau komputer. Hapus saja aplikasi yang jarang digunakan.

Apa bila dalam hardisk yang terlihat sedikit file tapi ketika dicek kapasitas memori penuh, bisa jadi ada Folder tersembunyi juga menjadi akar permasalahan. Folder yang tersembunyi terjadi karena ada beberapa kemungkinan, Pengguna yang lupa telah melakukan Hidden dan Virus yang ganas telah melakukan hiddden otomatis. Jika ini terjadi anda bisa melakukan langkah yang akan saya jelaskan melalui artikel ini.

1. Buka file explorer.
2. Pada bagian page atas silahkan klik pada menu View.
3. Sebelah kanan atas klik Options
4. Akan tampil pada layar menu dari Folder Options dan klik pada View.
5. Langkah berikutnya silahkan pilih dan klik pada Show hidden files, folders and drives
6. Setelah itu klik Apply lalu klik OK.

Bila sudah, anda cek setiap file pada Local Disk (C:), Local Disk (D:) dan seterusnya. Apakah ada file atau folder yang mungkin pernah anda hidden, atau mungkin ada folder dan file yang terlihat mencurigakan?, silahkan anda cek. Jika menurut anda itu virus saya sarankan jangan dibuka, karena ditakutkan akan menyebar pada sistem. Scan dengan anti virus yang ada dan hapus.

Namun beberapa kasus, ada virus yang sulit untuk dihilangkan. Jika Virus sulit untuk didelete ini berarti laptop anda sudah terjangkit virus pada sistemnya. Untuk meneyelamatkan File atau Folder yang terkena virus bisa menggunakan Smadav. Scan menggunakan Smadav lalu ambil tindakan untuk Backup. Jalan satu - satunya adalah melakukan instal ulang pada komputer anda.

Untuk melihat file yang mencurigakan, ubahlah dengan menggunakan view details. Caranya adalah klik kanan pada  file Explorer, pilih View dan klik pada Details, maka Name, Date modified, Type, Size pada file akan  terlihat. Biasanya file yang terkena virus akan memiliki type *.exe. Bila ini terlihat kemungkinan besar adalah virus yang menyebabkan hardisk jadi penuh secara berkala dan tiba - tiba.

Virus tersebut dapat masuk pada sistem ketika anda mengunakan flashdish yang telah memiliki virus. Dan kemungkinan kedua adalah karena jaringan internet, melalui website atau download aplikasi yang membawa virus kemudian anda instal. Mencegah ini terjadi bisa anda atasi dengan mengaktifkan Firewall pada perangkat anda.
  

0 komentar:

Post a Comment

Please Coment yang baik saja. terimakasih :-)

Tawangharjo.com

Iklan Layang